Bahagia itu Pilihan

Assalaamu’alaikum Warohmatullaahi Wabarokaatuh.
 
Bismillahirahmanirrahim...
Definisi arti bahagia didalam Kamus Besar Bahasa Indonesia  (KBBI) adalah keadaan atau perasaan senang dan tenteram (bebas dari segala yang menyusahkan).
 
Seringkali saya mendengar keluhan orang-orang yang merasa hidupnya tidak bahagia karena berbagai macam alasan. Sejatinya, perasaan bahagia itu tidak datang dengan sendirinya. Perasaan bahagia itu yang menciptakan adalah diri kita sendiri.
 
Bahagia itu adalah pilihan. Mau sedih atau bahagia? Itu adalah pilihan dan konsekuensinya ditanggung sendiri. Yang perlu diketahui adalah perasaan bahagia dan sedih itu sangat berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental.
 
Jika kita menginginkan untuk hidup sehat? Kuncinya adalah menciptakan perasaan bahagia. Namun, pada kenyataannya kebanyakan orang lebih cenderung cepat stres dan depresi.
 
Menurut penelitian yang dilansir oleh Boldsky, sebuah kebahagiaan bisa memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja? Berikut adalah enam pengaruh rasa bahagia bagi kesehatan: tertawa bisa menurunkan kadar hormon stres, rasa bahagia dapat menyembuhkan sakit kepala, orang bahagia terhindar dari kram otot, punya jantung sehat, mengurangi rasa lelah, orang bahagia hidup lebih lama.
 
Tertawa adalah hal sederhana yang membuat anda merasa bahagia. Dengan tertawa pula, anda bisa melepas penat yang menggelayut di dada. Selain tertawa, bersyukur adalah cara terbaik untuk berbahagia. Sesederhana itu, bukan?
 
Bukan berarti, tidak boleh bersedih atau menangis? bahagia atau sedih itu sebuah pilihan. Tetapi semua itu ada porsinya, tidak boleh terlalu berlarut-larut dalam kesedihan. Bagaimana dengan menangis? Jika menangis itu bisa membuat hatimu lega, silakan lakukan tetapi tetap pada porsinya.
Wallahu A’lam Bish Shawab.
 
Yuk, kita ciptakan rasa bahagia!
Salam sehat....
Wa’alaikumsalam Warohmatullaahi Wabarokaatuh.