DIFINISI ILUSI

Apa maksud atau arti dari ILUSI

Beberapa saat lalu kita sudah membahas mengenai Delusi dan halusinasi. Bagaimana dengan Ilusi ?

DIFINISI DARI ILUSI :

Ilusi adalah suatu persepsi panca indera yang disebabkan adanya rangsangan panca indera yang ditafsirkan secara  salah. Dengan kata lain, ilusi adalah interpretasi yang salah dari suatu rangsangan pada panca indera. Sebagai contoh, seorang penderita dengan perasaan yang bersalah, dapat meng-interpretasikan suara gemerisik daun-daun sebagai suara yang mendekatinya. Ilusi sering terjadi pada saat terjadinya ketakutan yang luar biasa pada penderita atau karena intoksikasi, baik yang disebabkan oleh racun, infeksi, maupun pemakaian narkotika dan zat adiktif.

Ilusi terjadi dalam bermacam-macam bentuk, yaitu

1.Ilusi visual (penglihatan),

ilusi visual didefinisikan sebagai hubungan yang terputus antara persepsi dan realitas fisik sebenarnya. Ketika kita mengalami ilusi visual, sepertinya kita melihat sesuatu yang berbeda dengan keadaan realitas fisik. Hal ini disebabkan adanya gambaran yang menyesatkan dan mengelabui (distorsi) pada penglihatan kita. Akibatnya, otak menerima informasi salah, dan mempersepsikan secara keliru sehingga gambaran yang terbentuk tidak sesuai dengan objek sebenarnya.

Contoh yang paling mudah sewaktu kita berkendaraan dan melihat benda-benda bergerak. Pepohonan atau tetumbuhan di tepi jalan sepertinya bergerak menjau atau Ilusi terjadi ketika anda melihat sebuah sendok dibengkokkan, sendok tersebut tidak benar - benar bengkok tetapi oleh sang magician kita di ilusikan sehingga melihat sendok tersebut menjadi bengkok

2.Ilusi akustik (pendengaran)

Ilusi Akustik (pendengaran) sebagai hubungan yang terputus antara persepsi pendengaran  dan realitas pendengaran yang sebenarnya

Misalnya, ilusi pendengaran dapat terjadi ketika seseorang mendengar kata-kata dalam percakapan yang menyerupai nama mereka sendiri dan mereka percaya bahwa mereka sedang berbicara tentang dirinya. Pada saat itu sulit untuk memastikan bahwa seseorang menggambarkan ilusi atau apakah ia benar-benar mendengar suara-suara halusinasi berbicara tentang dirinya dan menghubungkan mereka kepada orang-orang yang nyata di lingkungannya.

3. Ilusi olfaktorik (pembauan)

Ilusi Olfaktorik adalah pembauan yaang berbeda dengan kenyataan bau yang sebenarnya.

Contoh : ketika anda  mencium bau minyak wangi tapi yang anda rasakan bukan bau wangi tapi bau tinja.

4.Ilusi gustatorik (pengecapan)

Ilusi gustatorik adalah pengecapan yang dirasakan berbeda dengan yang sesungguhnya.

Contoh : Ketikan anda mengecap garam yang dirasakan manis bukan asin.

5. Ilusi taktil (perabaan).

Ilusi taktil adalah ilusi ketika merasakan rabaan sesuatu berbeda dengan yang sebenarnya.

Contoh : ketika tangan anda di letakan semut tapi anda merasa bahwa itu bukan semut melainkan laba laba.